Cara Membuat Use Case Yang Baik Dan Benar

cara membuat use case diagram di star uml

Apakah anda pernah mendengar istilah use case? Mungkin beberapa orang di luar sana mengenal apa itu use case dan mungkin beberapa orang juga tidak mengenal apa itu use case. Use case sendiri merupakan bagian dari UML atau unified modelling language yang berarti merupakan sebuah mode yang bisa menggambar sebuah sistem. Use case juga disebut diagram yang mana diagram use case ini merupakan pemodelan untuk menggambarkan kelakuan sistem yang akan dibuat. Use case ini bisa dibuat oleh anda sendiri. Lalu, bagaimana cara membuat use case itu? Berikut penjelasannya!

cara membuat use case dan activity diagram

Inilah Cara Membuat Use Case Yang Baik Dan Benar

Saat anda akan membuat use case, hal pertama yang perlu anda ketahui yaitu mengetahui dan mengerti pelaku (aktor) peran dalam sebuah sitem anda. Di dalam use case akan mencatat perilaku serta peran yang berhubungan dengan sistem komputer dalam arti lain yaitu terkomputerisasi. Use case sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu :

• System yang digambarkan dalam betuk persegi.
• Actor atau aktor yang berfungsi menjadi tokoh yang membidangi sistem.
• Use case yang mana setiapa use case memiliki trigger atau pemicu yang menyebabkan use case memulai operasi.
• Assosiation yang berfungsi utuk mengidentifikasikan interaksi antara aktor dengan user case biasanya digambarkan dalam bentuk garis penghubung yang terjadi 2 arah maupun searah.
• Dependency atau dependensi.
• generalizition

Berikut cara membuat use case baik dan benar yang bisa anda praktekkan sendiri :

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu menentukan aktor yang akan dibuat use case.
2. Setelah anda menentukan aktor langkah berikutnya adalah menentukan use case yang terkait dengan model sistem.
3. Definisikan asosiasi dari setiap aktor serta use case.
4. Evaluasi setiap aktor dan setiap use case untuk mendapatkan kemungkinan perbaikan.
5. Evaluasi setiap use case untuk dependensi.
6. Langkah berikut evaluasi kembali setiap use case untk dependensi.
7. Evaluasi setiap aktor dan juga setiap use case untuk generalisai.

cara membuat use case diagram di star uml

Langkah cara membuat use case tentunya sangat mudah sekali dan terbilang sangat sederhana. Untuk Anda yang membutuhkan sistem dalam pembuatan use case ini tentu saja akan lebih mudah untuk memahami langkah langkah pembuatannya mengingat tidak sulit dan bisa dibilang sangat simpel sekali sehingga bisa dipraktekan kapan saja.

Terlebih lagi kini banyak media canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat use case ini. Zaman sekarang suport dalam berbagai hal memang sangat mudah sekali terhadap pembuatan use case sesuai dengan kebutuhan Anda. Langkah dan caranya simpel, mudah dan tentu tidak membingungkan saat di praktekan.